Jualan Online Lebih Untung di Tokopedia

Langkah Mudah Buka Toko di Tokopedia - Pusat Edukasi Seller Tokopedia

Untuk bisnis jualan online anda bisa melakukannya melalui marketplace yang ternama, seperti Tokopedia. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan saat berjualan di Tokopedia.

Yang mana, anda dapat berjualan di Tokopedia tanpa dipungut sepeser pun alias gratis (meskipun ada biaya jika anda ingin upgrade ke gold member). Selain itu, fitur dasar yang ditawarkan Tokopedia akan mempermudah anda untuk mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk.

Nah, bagi anda yang tertarik berjualan online di Tokopedia, anda bisa coba membuka toko di Tokopedia. Untuk berjualan di Tokopedia ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu daftar akun tokopedia dan membuka toko. Adapun cara daftar Tokopedia sebagai penjual adalah sebagai berikut.

Cara Jualan di Tokopedia

Persiapan

Sebagai persiapan untuk berjualan di Tokopedia, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Sebagai syarat untuk membuat atau membuka akun Tokopedia, anda perlu nomor ponsel dan sebuah email yang masih aktif. Jika sudah, mari menuju langkah selanjutnya.

Membuat Akun Tokopedia

Untuk membuat akun Tokopedia, silkan anda buka situs tokopedia.com dan klik tombol daftar, atau klik disini untuk membuka langsung. Lalu isi formulir isian, mulai dari nama, nomor ponsel, email, alamat rumah, dan lain sebagainya. Pastikan data yang anda isikan valid, lalu klik tombol Register Account.

Selain itu, anda juga bisa daftar Tokopedia menggunakan akun Google, Yahoo atau Facebook. Anda cukup klik salah satu tombol yang berada di samping kiri layar.

Membuka Toko di Tokopedia

Setelah memiliki akun Tokopedia, kini anda bisa membuka toko untuk berjualan online di Tokopedia. Usai anda login, klik tombol di kanan atas layar, lalu klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau.

  • Langkah 1

Setelah tampil halaman baru, anda buat nama toko dengan mengisikan pada kotak Nama Toko. Untuk menarik calon pembeli, buatlah nama toko anda yang unik dan belum pernah digunakan oleh orang lain. Adapun caranya adalah klik tombol Cek Nama Toko di sebelah kanan kotak isian sampai muncul tulisan Nama Toko yang anda pilih tersedia berwarna hijau.

  • Langkah 2

Selain nama toko yang menarik, anda juga sebaiknya membuat nama domain yang unik pula dan pastikan dengan meng-klik tombol Cek Domain. Perlu diketahui bahwa nama domain akan menjadi alamat web toko online anda, maka dari itu buatlah sesederhana mungkin namun unik sehingga mudah diingat.

Lalu isikan juga slogan toko anda, misalnya seperti “awet dan murah”. Begitupun juga dengan kotak deskripsi, anda isi yang paling sesuai menurut anda.

Kemudian siapkan sebuah foto serta logo toko anda dan unggah dengan menekan tombol Browse File. Lalu pilih kotak Asal Pengiriman serta isikan kode pos toko anda.

  • Langkah 3

Dalam hal ini, pilihlah dukungan pengiriman. Lebih banyak pilihan pengiriman tentunya lebih baik, namun yang pastinya anda harus memiliki akses ke lokasi cabang ekspedisi tersebut.

Setelah semua formulir diisi, anda cek kembali dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai. Jika sudah yakin, anda klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau di bagian bawah formulir tersebut.

Lalu di halaman selanjutnya akan tampil informasi bahwa anda telah berhasil membuka toko online di Tokopedia. Nah, kini tinggal anda tambahkan produk dan anda pun siap berjualan di Tokopedia.

Leave a Comment