Jangan Sampai Terkecoh, Begini Perbedaan Tanda Hamil dan Pms

5 Perubahan yang Terjadi pada Kulit Selama Kehamilan, Normal, kok

Beberapa hal yang biasanya dirasakan pada tubuh perempuan Ketika menjelang hari hari menstruasi sangat mirip dengantanda – tanda hamil muda. Pada momen ini akan bisa terasa sangat mendebarkan, apalagi bagi pasangan bagi yang sedang menanti-natikan keturunan. Ada beberapa hal namun sangat sedikit perbedaan antara gejala PMS dengan tanda tanda hamil muda jika dilihat dari gejala yang dialaminya. Banyak orang yang menyebutkan bahwa tanda-tanda kehamilan bisa terasa dan juga terlihat mirip sekali dengan gejala akan datangnya menstruasi atau PMS. Gejala yang dirasakan bisa bermacam – macam seperti payudara menjadi sensitif, kram pada bagian perut, hingga mood swing yang sangat sulit dibedakan dengan tanda-tanda hamil muda. Namun ternyata ada beberapa hal yang bisa berbeda antara kondisi satu perempuan dengan perempuan lainnya.

Untuk mengetahui Perbedaan antara tanda – tanda hamil muda dengan PMS anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pada beberapa wanita, gejala kehamilan bisa nyaris sama dengan berbagai kondisi tubuh pada hari hari biasa seperti merasakan adanya sakit,  kenaikan berat badan cukup signifikan, hal – hal tersebut bisa juga terjadi Ketika memasuki masa haid atau menstruasi. Karena banyaknya persamaan tersebut, Anda perlu jeli Ketika melihat kondisi pada tubuh anda dan mengenali berbagai perbedaan antara tanda – tanda hamil muda dan juga saat hendak mengalami menstruasi yang biasanya mendasar beberapa kondisi seperti sebagai berikut.

Agar anda bisa mengetahui antara kondisi tanda-tanda hamil muda dengan PMS, berikut beberapa faktor hal yang bisa menjadi indicator pembedanya:

1. Munculnya Flek Darah atau Spotting

Jika anda melihat Flek coklat, apakah itu merupakan tanda kehamilan atau haid? umumnya, jika untuk tanda PMS biasanya tidak termasuk keluar flek darah dari vagina. Darah hanya akan mulai keluar lebih banyak Ketika masa haid tiba. Ketika anda sedang dalam masa haid, bisa sangat memnugkinkan jika keluar darah yang menyerupai gumpalan daging, hal itu merupakan luruhan dari dinding rahim karena tidak adanya pembuahan.

Namun akan berbeda pada kondisi kehamilan, gejala awal anda mengetahui tanda kehamilan adalah dengan keluarnya flek darah atau spotting. Namun terkadang masih banyak perempuan sebagai calon ibu yang mengira mengira flek ini sebagai  pertanda akan datangnya haid. Untuk membedakan antara kondisi awal kehamilan dengan PMS biasa adalah dengan melihat warna darah yang keluar dari vagina anda, apakah cenderung berwarna kecokelatan atau berwarna merah muda.

Jika flek darah atau spotting sebagai tanda awal kehamilan ini akan terjadi pada kisaran 10 hingga 14 hari setelah anda dan pasangan berhubungan seksual. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika flek kecoklatan ini hanya keluar selama 1 sampai 2 hari saja jika itu sebagai tanda awal kehamilan, jangka waktu nya akan lebih singkat dari waktu haid yang biasanya berlangsung 7 hari.

2. Payudara Menjadi Sangat Sensitif

Jika anda merasakan payudara menjadi sensitive Ketika masa-masa menstruasi maka rasa tidak nyaman dan sensitive ini akan sangat bervariasi bisa saja dari ringan namun bisa juga hingga cukup parah, terutama pada waktu tepat sebelum haid tiba.

Pada masa ini, jaringan payudara akan terasa lebih padat dibandingkan biasanya, terutama di bagian luar. Payudara akan terasa lebih penuh dan berat disertai dengan sensasi rasa nyeri tumpul. Namun , rasa nyeri akan berkurang Ketika masa haid tiba disebabkan oleh kadar progesteron yang menurun.

Di sisi lain, payudara sensitive dan nyari ketika hamil muda akan terasa lebih intens. Tak sampai disitu, payudara terasa lebih penuh dan berat. Kondisi seperti ini akan terasa 1-2 pekan setelah berhubungan dan akan terus terasa seperti ini Ketika hormone progesterone masih tinggi.

Leave a Comment