Fakta-fakta Piala Eropa 2020

Kejuaraan sepak bola antar negara di Benua Eropa, Euro 2020 segera bergulir mulai dari tanggal 12 juni hingga 12 juli 2021. Kompetisi ini akan diikuti oleh 24 negara yang akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Benua Biru. Piala Eropa 2020  sebenarnya dijadwalkan bergulir pada musim panas tahun lalu. Namun, pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan turnamen negara-negara Eropa mundur menjadi tahun ini. Meski digelar pada 2021, nama yang digunakan untuk Piala Eropa edisi kali ini tetap “Euro 2020”.

Berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, turnamen Piala Eropa kali ini bakal dihelat di berbagai kota di Benua Biru. Awalnya, ada 12 kota yang akan menjadi tuan rumah. Namun, Dublin dan Bilbao kemudian dicoret dari daftar kota tuan rumah Euro 2020. UEFA lantas memilih Sevilla sebagai kota pengganti Bilbao. Alhasil, Euro 2020 bakal digelar di 11 kota. Namun euro atau yang biasa disebut Piala eropa 2020 memiliki fakta-fakta yang menarik yaitu sebagai berikut.

  1. Berlangsung di 11 negara

Euro 2020 digelar di 11 negara berbeda yang tersebar di Eropa Barat hingga Eropa Timur. Mulai dari Inggris, Rusia, Azerbaijan, Jerman, Italia, Belanda, Rumania, Hungaria, Denmark, Skotlandia hingga Spanyol. Masing-masing dari enam grup akan memainkan pertandingan di dua lokasi, sementara babak 16 besar akan dihelat di 7 kota. Partai perempat final akan digelar di 3 kota, dan laga puncak akan berlangsung di Wembley, Inggris. Untuk formatnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dua tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke babak 16 besar, ditambah empat tim terbaik yang menempati peringkat ketiga. Begitu pun pada babak selanjutnya.

  • Euro ke-16

Euro 2020 akan menjadi edisi ke-16 turnamen Piala Eropa. Edisi kali ini pun semakin spesial karena berbarengan dengan peringatan 60 tahun turnamen negara-negara Eropa tersebut. Piala Eropa pertama kali digelar di Perancis pada 1960. Negara pertama yang berhasil menjadi juara edisi perdana Piala Eropa adalah Uni Soviet. Hingga saat ini, Jerman dan Spanyol adalah penguasa Piala Eropa dengan masing-masing mengoleksi tiga gelar.

  • Diikuti tim terbaik di dunia

Kejuaraan ini akan berlangsung sengit karena diikuti negara dengan tim sepak bola terbaik di dunia. Bahkan,empat tim yang akan bersaing pada kompetisi ini menempati lima teratas peringkat dunia FIFA. Empat tim tersebut yaitu Belgia yang menempati peringkat pertama, disusul Prancis yang menjadi kampiun Piala Dunia 2018 dan menempati peringkat kedua FIFA. Kemudian Inggris di peringkat keempat, dan juara bertahan Euro 2016, Portugal yang menempati rangking kelima FIFA.

  • Jumlah penonton menyesuaikan

Atmosfer di stadion pada kejuaraan Euro 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, jumlah penonton yang hadir ke stadion tidak akan sebanyak edisi yang lalu karena pandemi Covid-19 dan menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing penyelenggara. Puskas Arena yang berada di Budapest, Hungaria menjadi satu-satunya venue yang akan bisa dihadiri penonton hampir penuh dari kapasitas yang ada. Disusul Stadion Olimpic, Baku dan Parken, Kompenhagen yang akan memberikan setengahnya. Sementara, venue di 9 negara lainnya kemungkinan hanya akan diisi 20 sampai 25 persen dari kapasitas stadion.

  • Wembley stadium dipakai di final

final Piala Eropa 2020 akan dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Inggris. Untuk kali kedua, Stadion Wembley akan menjadi venue laga puncak Piala Eropa setelah Euro 1996.

Itulah berbagai fakta yang terdapat dalam Piala Eropa 2020.

Leave a Comment