Artikel Seputar KTP

Viral Video Cungkil Chip di E-KTP, Begini Tanggapan Kemendagri

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu kartu identitas yang sangat penting bagi setiap orang. Karena memang KTP ini banyak sekali fungsinya, terutama sebagai syarat proses administrasi baik di instasi pemerintah maupun swasta.

Ukuran KTP

Mungkin sebagian besar dari anda belum mengetahui ukuran KTP standar di Indonesia? Nah, supaya anda tahu berikut penjelasannya

Perlu diketahui bahwa ukuran dimensi e-KTP ini sudah menggunakan standar ISO 7810 (ID-1). Dalam hal ini, menurut Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), ukuran KTP di Indonesia adalah 85,60mm x 53,98mm . Jika menggunakan satuan sentimeter 8,56cm x 5,398cm.

Blangko e-KTP sendiri terdiri dari 7 lapis yang terbuat dari bahan dasar PET-G (Polyethylene terephthalate Glycol).

Selain itu, pada e-KTP ini juga terdapat teknologi biometrics dan kartu chip berbasis mikroprosessor yang bisa menyimpan data pemilik, foto, tanda tangan dan sidik jari. Bukan hanya itu, interface dari chip ini telah dibuat sesuai dengan standar ISO 1443 A/B.

Sedangkan fitur keamanan fisik yang diusung pada e-KTP ini terdiri dari tiga levels yakni visible, invisible, dan forensic security features.

Adapun ukuran e-KTP dan KTP Lama secara lengkap adalah sebagai berikut ini :

  1. Ukuran KTP (mm) : 85,60 x 53,98   85,60 x 53,98
  2. Ukuran KTP (cm) : 8,56 x 5,39    8,56 x 5,39
  3. Ukuran KTP (inci) : 2,12 x 3,38  2,12 x 3,38
  4. Ukuran KTP (Pixe) : 323 x 204   323 x 204

Ketebalan (mm) : 0,76 – 1 –

Cara Setting Ukuran KTP dalam Komputer

Apabila anda ingin menerapkan ukuran KTP standar tersebut dalam komputer baik untuk membuat ID Card maupun menggandakan KTP dalam bentuk fotokopi, maka gunakan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik dua kali pada gambar yang ingin diatur ukurannya hingga muncul menu keterangan yang bisa diubah, atau bisa di klik kanan langsung menggunakan mouse.
  2. Setelah di klik kanan, lalu akan muncul pilihan menu, anda klik pilihan size dan position.
  3. Pada tab size, anda hilangkan centang pada pilihan lock asper ratio, supaya ratio yang diatur tidak terkunci, kemudian atur tinggi dan lebar sesuai jenis KTP yang tertera pada tabel di atas.
  4. Lalu tekan OK.

Cara Cek Kevalidan KTP

Bagi anda yang ingin mengecek kevalidan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, baik secara konvensional maupun online.

1. Cek NIK KTP Valid Melalui WhatsApp

Yang pertama adalah cara cek KTP melalui WhatsApp. Dalam hal ini, anda bisa menghubungi call center Dukcapil pusat. Lalu sebutkan keluhan anda melalui nomor WhatsApp dengan format sebagai berikut :

#NIK

#Nama_Lengkap

#Nomor_Kartu_Keluarga

#Nomor_Telp

#Permasalahan

Lalu kirim format tersebut ke nomor layanan Dukcapil di nomor WhatsApp 08118005373. Selain itu, anda juga bisa meminta pengecekan via SMS di nomor 08118005371. Anda juga bisa menghubungi langsung call center Halo Dukcapil dengan melakukan panggilan di nomor `500-537.

2. Kunjungi Kantor Dukcapil

Selain secara online, anda juga mengunjungi langsung kantor Dukcapil untuk mengecek kevalidan KTP. Dalam hal ini, anda kunjungi lokasi pembuatan kartu kependudukan tersebut dan sampaikan maksud dan tujuan anda. Biasanya Kantor Dukcapil ini memiliki card reader untuk pengecekkan status NIK KTP.

Leave a Comment